Breaking News

Rabu, 15 Maret 2017

Teologi Ekonomi Yusuf Mansur (2)


Bab 4 dan 5 Disertasi Berjudul = Aspiring to Prosperity:  The Economic Theology of Urban Muslims in Contemporary Indonesia


Penulis berpendapat bahwa popularitas teologi ekonomi Yusuf Mansur antara urban dapat dikaitkan tidak hanya untuk banding pribadinya tetapi juga secara signifikan ini disebabkan oleh peran pengikutnya yang mempromosikan teologi ekonomi di kalangan mereka sendiri. Saya juga berpendapat bahwa ada dua pola penyebaran teologi ekonomi Yusuf Mansur di antara penduduk Muslim perkotaan, terutama di kalangan kewirausahaan. Pola pertama adalah bahwa para pengikut tertarik untuk khotbah Yusuf Mansur pada teologi ekonomi dan menghubunginya. Mereka menjadi pengikut dekat Yusuf Mansur dan mendukung program PPPA Daarul Qur'an sebagai donor. Yusuf Mansur imbalan, mempromosikan mereka untuk pendengarnya yang lebih luas. Akibatnya, beberapa tokoh kunci telah menjadi pengkhotbah atau perwakilan dari Yusuf Mansur yang mempromosikan teologi ekonomi di komunitas mereka sendiri. Yusuf Mansur menerima donor dan donor menerima pengakuan, dan saya sebut pola timbal balik langsung ini.

Pola kedua adalah bahwa pengikut terpesona oleh teologi ekonomi Yusuf Mansur tetapi tidak menghubunginya langsung. Namun, mereka beradaptasi teologi ekonomi dan mengedarkannya ke lingkungan mereka sendiri. Setelah mereka menjadi dikenal di komunitas lokal mereka, Yusuf Mansur mendukung dan mendukung mereka. Pola ini adalah timbal balik tidak langsung. Pola pertama masih mengadopsi pola teratur Islam belajar di kalangan masyarakat Indonesia Muslim. Biasanya, umat Islam Indonesia belajar Islam dari seorang kyai di pesantren atau melalui kelompok belajar Islam (pengajian). Mereka menjadi jemaat tetap kyai dan mendukung pesantren melalui sumbangan dll Sementara pola kedua merupakan cara baru belajar Islam di kalangan urban. Mereka belajar ajaran Islam dari televisi dan publikasi tetapi mereka tidak perlu menjadi jemaat tetap pengkhotbah tertentu dan tidak ada interaksi langsung antara jenis follower dan pendeta.

Bab ini telah memeriksa salah satu pola pengusaha Muslim yang tertarik dengan teologi ekonomi Yusuf Mansur dan menjadi pengikutnya. Ini pengusaha Muslim memiliki kontak langsung dan hubungan langsung dengan Yusuf Mansur. Mereka menunjukkan proses timbal balik: pengusaha Muslim menyalurkan zakatnya dan Sedekah untuk mendukung Yusuf Mansur PPPA Daarul Qur'an, sementara Yusuf Mansur imbalan menyediakan mereka dengan liputan media untuk bisnis mereka.

Hubungan antara Yusuf Mansur dan para pengusaha Muslim-nya juga melibatkan kolaborasi bisnis. Mereka mempromosikan keyakinan mereka bahwa kesuksesan bisnis mereka terkait dengan komitmen untuk melakukan sedekah dan dhuha. Mereka juga menginformasikan orang-orang bahwa mereka telah menerapkan praktek teologi ekonomi di perusahaan mereka dengan mewajibkan seluruh karyawan mereka untuk melakukan dhuha sebelum mulai bekerja.

Ini pengusaha Muslim juga telah memulai inisiatif amal beredar teologi ekonomi Yusuf Mansur dalam lingkaran bisnis. Mereka telah menafsirkan teologi ekonomi melalui inisiatif nyata untuk memfasilitasi para pengikut mereka melaksanakan dan promosi kebajikan sedekah. Para anggota Makelar Sedekah biasanya pengusaha kecil Muslim yang menyalurkan zakatnya dan Sedekah ke PPPA Daarul Qur'an, sebuah yayasan yang didirikan oleh Yusuf Mansur. Selain Makelar Sedekah juga dianjurkan oleh bisnis start-up dan mahasiswa. Mereka tertarik untuk bergabung Makelar Sedekah karena program motivasi bisnis dan promosi pada teologi ekonomi.


Bab 5 akan menganalisis pola kedua orang yang telah terinspirasi oleh teologi ekonomi Yusuf Mansur. Mereka datang untuk tahu tentang teologi ekonomi Yusuf Mansur melalui publikasi dan khotbah di televisi. Sementara mereka telah menempatkan ajarannya dalam praktek, yang tidak menjalin kontak dengan dia pada tahap awal dari usaha bisnis mereka. Setelah mereka sendiri telah mendapatkan popularitas dan dilaporkan di media massa, Yusuf Mansur mengakui kegiatan mereka dan mendukung mereka sebagai baik berlatih Muslim.

Bab ini didasarkan pada argumen tesis bahwa peredaran luas teologi ekonomi Yusuf Mansur dikaitkan dengan beberapa peran yang dimainkan oleh pengikutnya. Para pengikut beradaptasi teologi ekonomi dalam masyarakat mereka sendiri dan kemudian beredar ide luas. Bab ini akan menyoroti studi kasus Saptuari Sugiharto dan inisiatif yang disebut Sedekah Rombongan (Kebersamaan dalam Pertunjukan Voluntary Sedekah Memberi).

Bab ini telah menunjukkan adaptasi teologi ekonomi Yusuf Mansur melalui membantu orang miskin yang memiliki penyakit serius. Meskipun SR tertarik dan disesuaikan teologi ekonomi Yusuf Mansur, mereka tidak membangun kontak Yusuf Mansur. Namun, setelah Sedekah Rombongan mencapai popularitas meskipun tindakan amal, Yusuf Mansur menghubungi para pendukungnya dan menawarkan dukungan untuk kegiatan mereka.

Kegiatan Saptuari dan pengusaha Muslim rekan-rekannya di Sedekah Rombongan signifikan beresonansi dengan teologi ekonomi Yusuf Mansur. adaptasi mereka teologi ekonomi Yusuf Mansur telah mengilhami orang muda lainnya untuk mengikuti jalan mereka termasuk Sedekah Harian Laskar Sedekah. Bab berikutnya juga akan menampilkan bentuk lain dari penerimaan dan adaptasi teologi ekonomi Yusuf Mansur. Bab ini akan menyoroti peredaran teologi ekonomi di kalangan mahasiswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By